Like Us on Facebook

Follow Us on Twitter

Kontak Kami Dengan Email

 

Sambutan Ketua Pelantikan Apoteker dan Wisuda Sarjana dan Diploma 19 Oktober 2016

SAMBUTAN KETUA
SEKOLAH TINGGI FARMASI BANDUNG

Pada Acara Pelantikan Profesi apoteker

Wisuda Sarjana dan Diploma

Tanggal 19 Oktober 2016

 

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

Alhamdulillahirobbil ‘alamin, wabihi nasta’in ‘ala umuriddunyawaddin, ashsholatuwassalamu’ala asrofil ambiyaa iwal mursalin wa’ala alihi washohbihi ajma’in. Robbisrohlisodri, wayassrili amri, wahlul uqdatammilisani yafqohu qouli, amma ba’du

Yang terhormat :

Ketua Yayasan Adhi Guna Kencana bapak H Mulyana beserta Ibu dan keluarga

KFN Prof. Dr. Tutus Gusdinar Kartawinata, M.Si.,Apt.

PP IAI Drs. Saleh Rustandi,MM.,Apt.

Ketua Kopertis wil 4 Prof. Dr.Ir. Abdul Hakim Halim,M.Sc.

Kepala Dinkes Prov. Jabar…..

Ketua, anggota Senat,dewan sidang STFB

Orang Tua wisudawan

Serta anak2kuwisudanan D3,S1 dan Profesi Apoteker yang saya banggakan.

Puji syukur kehadirat Alloh swt…

Alloh swt memperkenankan kita bertemu ditempat yang istimewa karena STFB pertama kalinya mengadakan wisuda ditempat yang megah seperti ini. Alloh swt sedang menganugrahkan keistimewaan bagi tempat ini dengan wajah anak2ku yang begitu ceria dan begitu senang. Mungkin persiapannya ada dari subuh ke salon dll.

Hadirin yang saya hormati…

Sebulan yang lalu Kita turut bangga dan ikut berperan aktif sebagai warga Jawa Barat selaku Tuan Rumah PON dan alhamdulilah jabar kahiji menjadi juara umum….berjaya ditanah legenda.

Kita juga ikut berduka Saudara-saudara kita yang ada di GARUT dan Sumedang serta tempat lainnya yang mengalami bencana alam. Karyawan kami saudari nova beserta ibundanya senin kemarin kecelakaan. Semoga mereka diberikan ketabahan kesabaran dan kesehatan kembali. Civitas Akademik STFB juga yayasan ikut membantu meringankan beban mereka dengan terjun ke medan bencana membawa obat2an makanan dan pakaian.

Hadirin yang saya hormati…

Pada hari ini STFB mempersembahkan 544 lulusan. 285 sarjana Farmasi rata2 IPK 3,22. 101 Diploma Farmasi rata2 IPK 3,36 dan 158 Apoteker rata2 IPK 3,45. Jumlah lulusan dengan predikat ’Cum laude” pada prodi S1 sebanyak 47 0rang, Prodi D3 sebanyak 28 orang dan Prodi Apoteker sebanyak 12 orang. Mereka semua adalah sumber daya manusia bidang kesehatan yang memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga kesehatan masyarakat di Indonesia pada umumnya dan di Jawa Barat pada khususnya. Dengan bertambahnya lulusan ini, Sekolah Tinggi Farmasi Bandung sekarang telah berhasil meluluskan sejumlah   3421  orang yang tersebar di 3 prodi dengan rincian :

$11.    Prodi Strata satu Farmasi : 1683 orang lulusan

$12.    Prodi Diploma tiga Farmasi : 530 orang lulusan

$13.    Prodi Studi Profesi Apoteker : 1050 orang lulusan

Hadirin yang berbahagia....

Atas nama pribadi dan seluruh sivitas akademika STFB , saya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di STFB. Semoga gelar akademik dan kompetensi yang diraih, akan mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk berkreasi mengabdikan diri, meniti karir, dan menyongsong masa depan sebagai tenaga kesehatan yang lebih baik, dan menjadi anggota masyarakat dan warga negara yang kontributif terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada seluruh orang tua dan keluarga wisudawan atas keberhasilan anggota keluarga Bapak/Ibu sekalian. Terima kasih telah mempercayakan putra/putri anggota keluarga Bapak/Ibu untuk menempuh pendidikan di STFB

Hadirin yang berbahagia,

Tak terasa usia STFB sudah 17 tahun. Di usianya yang menanjak dewasa, alhamdulillah STFB tetap berkomitmen penuh melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang sejalan dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi - Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sesuai dengan Visi STFB “Menjadi perguruan tinggi farmasi yang unggul, mandiri, berbudaya dan berdaya saing tinggi pada taraf nasional dan regional (Asia Tenggara),dan berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia”, STFB secara berkelanjutan terus melakukan berbagai upaya optimalisasi baik dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan/pengajaran, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat

Hadirin yang saya hormati,

Dalam bidang pendidikan/pengajaran, STFB telah memulai proses pembelajaran problem based learning yang mendorong mahasiswa untuk belajar lebih aktif dan terintegrasi dengan keilmuan dasar. Di Indonesia ada sekitar 130 program S1 Farmasi hanya 29/30 yang mempunyai program profesi apoteker. Terbagi dalam tiga wilayah timur tengah dan barat. STFB terpilih sebagai kordinator regional wilayah barat dari 13 institusi sebagai kordinator soal soal yang akan diujikan dalam UKAI. (ITB,Unpad UI dll)

Keterlibatan STFB dalam kegiatan tersebut, memberikan tantangan yang besar dalam menyelaraskan kurikulum dari Jenjang Sarjana ke jenjang Profesi Apoteker. Atas landasaan ini lah,STFB mengajukan hibah penyesuaian kurikulum sesuai amanat SN DIKTI 2015, dan STFB di tahun anggaran 2016 mendapatkan hibah pengembangan kurikulum, terpilih 20 Program studi dari seluruh Indonesia dan STFB salah satunya (hanya STFB prodi farmasi yang dapat hibah jurikulum).

Untuk meningkatkan kualitas sarana dalam proses pendidikan terutama di kegiatan praktikum, kamipun mendapatkan program bantuan pengembangan institusi dari kemenristek DIKTI tahun 2015 450 juta dan 2016 750 juta rupiah.

STFB terus berupaya melakukan penambahan dosen tetap STFB, hingga pada hari ini jumlah dosen tetap STFB berjumlah 52 dosen tetap (dengan ratio 1;27). Kami terus mengupayakan penambahan dosen tetap hingga terpenuhi ratio dosen dan mahasiswa 1:20.

Untuk Tahun 2016, STFB memberikan ijin Belajar kepada 10 Dosen tetap untuk melanjutkan Studi di Program S3 (Doktor) yang tersebar di dua PT Besar yaitu Institut Teknologi Bandung dan Universitas Padjadjaran dengan bidang minat Farmasi dan Kimia.

Untuk Tahun 2016 pula , STFB mendapatkan 1 tambahan dosen yang tersertifikasi. hingga saat ini STFB telah memiliki 8 Dosen Tetap yang memperoleh Sertifikasi Dosen .

Untuk Jabatan Fungsional Akademik, STFB telah memiliki 10 dosen dengan jabatan fungsional Asisten Ahli dan 5 dosen Tetap dengan Jabatan Fungsional Lektor.

Hadirin yang berbahagia,

Sesuai standar akademik yang telah ditetapkan, setiap dosen diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat minimal 1 kali dalam setiap semester. Implementasi program ini sudah menunjukkan hasil yang perlu disyukuri, karena dalam setiap semester Yayasan sudah menyiapkan anggaran penelitian Rp 15 juta per dosen dan Rp 15 juta untuk kegiatan pengabdian masyarakat/tema. Alhamdulilah yysan selalu mensuport akselerasi kami sebagai pengelola dalam mentransformasi STFB menuju STFB Jaya. Kami doakan bapak ketua yysan beserta ibu selalu diberikan kesehatan. Aamiin YRA.

Hadirin dan wisudawan yang saya banggakan

STFB sedang mempersiapkan tim khusus untuk penerbitan open acsess Jurnal Farmasi Galenika STFB yang sebelumnya masih local akses sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa. Untuk mendukung kemampuan dosen dan mahasiswa dalam menyusun karya tulis yang layak dipublikasi di jurnal nasional dan Internasional, P2M telah menyelenggarakan berbagai workshop dengan narasumber yang berasal dari PT besar seperti ITB, UNPAD, UNPAS dan perguruan tinggi lainnya.

Tahun Akademik 2015/2016 ini telah terdokumentasikan 21 karya penelitian dosen, 14 proposal kegiatan pengabdian masyarakat dan 21 proposal penelitian internal STFB yang melibatkan mahasiswa sebagai bagian dari tim peneliti. Kamipun telah mengirimkan 20 proposal Riset Dikti, dan mengirimkan hingga 37 dosen tetap untuk melakukan kegiatan publikasi ilimiah di berbagai kegiatan seminar baik nasional dan internasional.

Hadirin yang saya hormati,

Dalam aspek penjaminan mutu, alhamdulillah STFB sedang menyusun dokumen pedoman, standar, dan manual mutu manajemen pengelolaan Perguruan Tinggi untuk memperoleh standar ISO 9001;2015. Hal ini diperlukan sebagai salah satu bagian dalam pembukaan program studi Pasca sarjana di bidang minat Ilmu Farmasi.

Hadirin yang berbahagia,

Sedikit saya sampaikan keberhasilan mahasiswa kami

$11.    Juara 2 dalam lomba Karate tingkat nasional

$12.    Juara 1 Futsal jawa-bali

$13.    Terpilihnya Ketua BPM STFB sebagai Kordinator Wilayah Lembaga legislatif Jawa Barat

$14.    Terplihnya 2 Mahasiswa Farmasi sebagai Staff Ahli himpunan mahasiswa Farmasi seindonesia dalam wadah Ismafarsi.

$15.    Terpilihnya 1 mahasiswa STFB sebgai juara 1 Putra Putri Praja Pariwisata 2016

$16.    Terpilihnya 1 Mahasiswa STFB dalam kegiatan Asia Pacific Pharmaceutical Symposium di Korea 2016

$17.    Dua minggu kebelakang mahasiswa kami juara dua SM project sejawa dan bali yang diadakan oleh UIN

$18.    dan masih banyak lagi prestasi mahasiswa kami yang tidak mungkin disebutkan disini.

Untuk STFB sendiri kami menambah MOU ditahun 2016 dengan TAIPEI Medical University dan 35 perguruan tinggi baik diploma maupun sarjana (negri dan swasta)

Wisudawan yang sangat saya banggakan ……

Penutup sambutan saya ingin bercerita mengenai seseorang dari Negara china.

Namanya wang deshun, baru mulai belajar bahasa inggris usia 44 tahun, usia 49 tahun mulai belajar drama ke Beijing, diusia 50 tahun belajar fitness, dan diusia 65 tahun wang deshun belajar naik kuda, usia 79 tahun menjadi model. Pada tgl 25 maret 2015 penampilan wang deshun menyedot perhatian massa hingga sekarang menjadi sangat terkenal.

Cerita tersebut membuktikan bahwa usia bukan alasan untuk tidak berhenti belajar, berprestasi atau mengejar impian. Sikap adalah segalanya. Sikap kita terhadap hidup ini akan menentukan masa depan dan prestasi.TIDAK ADA KATA TELAT DALAMAPAPUN ASAL ADA KEMAUAN.

Hadirin yang berbahagia kiranya itu yang bias saya sampaikan

Wassalamualaikum,wr,wb

Ketua STFB

Entris Sutrisno,S.Farm.,MH.Kes.,Apt,

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Last Updated on Thursday, 20 October 2016 03:33

Go to top www.malasngoding.com