Like Us on Facebook

Follow Us on Twitter

Kontak Kami Dengan Email

 

STFB raih prestasi akademik tingkat Internasional

Kembali lagi Sekolah Tinggi Farmasi Bandung meraih prestasi akademik tingkat Internasional. Pada tanggal 18-24 Agustus 2018 telah dilaksanakan 17th Asia Pacific Pharmaceutical Symposium (APPS) di Showa University, Fujiyoshida, Jepang dengan penyelenggara APS-Japan (Association of Pharmaceutical Student – Japan) . Acara ini merupakan ajang tahunan Federasi Mahasiswa Internasional (IPSF, International Pharmaceutical Students’ Federation) Wilayah Asia Pasifik (APRO, Asia Pacific Regional Office) yang setiap tahun diselenggarakan di negara Asia Pasifik anggota IPSF yang berbeda.


APPS ke 17 ini dihadiri oleh mahasiswa farmasi dari berbagai negara Asia Pasifik dan Non-Asia Pasifik diantaranya: Indonesia, Malaysia, Australia, Selandia Baru, Bangladesh, India, Taiwan, Korea Selatan, Filipina, Singapura, Thailand, Algeria, Italia dan Jepang dengan jumlah partisipan yang hampir menyentuh angka 400 orang. Semua peserta dari berbagai negara dibagi dalam beberapa kelompok untuk dapat saling mengenal, berinteraksi dan berbagi pengetahuan satu sama lain tentang dunia farmasi di negaranya.


Disambut baik dan hangat oleh Panitia, Rektor Showa University, dan Walikota Fujiyoshida membuat acara ini makin meriah dengan beberapa agenda selama 6 hari pelaksanaan acara yaitu: Educational Symposium (seminar kefarmasian) mengenai sistem asuransi kesehatan pemerintah (BPJS) di Jepang, Peranan farmasi masa depan di Jepang, Workshop dengan berbagai tema diantaranya dari perusahaan Ryukakusan. Co. Ltd., ada Aromaterapi sebagai pengobatan, juga Olahraga Samurai dan berbagai workshop lainnya.  


Dilaksanakan juga berbagai kompetisi diantaranya: Clinical Skill Event Individual (kompetisi tertulis farmasi klinik individual), Clinical Skill Event Jeopardy (cerdas cermat berbasis tim)  Patient Counseling Event (lomba konnseling pasien), Poster Competition (lomba poster penelitian), Industrial Case Competition (lomba pemecahan kasus farmasi industri). Sekolah Tinggi Farmasi Bandung sendiri mengirimkan 1 orang delegasi yaitu Niki Aulia Apriliani (2015) yang berhasil meraih 2 penghargaan langsung sebagai Juara 2 pada CSE Individual dan dan Juara 3 pada CSE Jeopardy.
Peserta juga melakukan Walk Rally (jalan bersama per tim untuk menjawab teka-teki) dilakukan di kota besar Yokohama. FieldTrip (kunjungan yang dilakukan ke berbagai sarana kefarmasian di Jepang) diantaranya Showa University Hospital, dan Yakult Honsha.


Agar peserta tidak jenuh, setiap malam juga dilaksanakan Themed Social Event (pesta dengan berbagai tema) diantaranya Japanese night, International night  dan Gala night.  Dimana Japanese night dilakukan pada malam pertama acara dengan mengenalkan tradisi Jepang oleh panitia. International night dilaksanakan pada malam ketiga dimana peserta mengenakan pakaian khas negaranya dan berbagi budaya, benda khas dan makanan khas negaranya. Malam keenam adalah Gala night dimana semua peserta menikmati akhir dari acara dengan pesta semiformal yang meriah.

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Last Updated on Wednesday, 26 December 2018 11:15

Go to top www.malasngoding.com